Jangan Lupa di Like Ya Sobat

×

Thursday, July 18, 2013

Pemikiran Muhammad Abduh dan al-Maududi tentang al-Qur’an

Pemikiran Muhammad Abduh dan al-Maududi tentang al-Qur’an    
  oleh: Fikri Noor Al Mubarok

Dari beberapa tulisan yang penulis baca maka penulis berkesimpulan bahwa Pemikiran M. Abduh terhadap al-Qur’an dapat dikategorikan sebagai berikut:
a.      Al-Qur’an diturunkan untuk kebaikan manusia
b.     Al-Qur’an merupakan hidayah dan petunjuk bagi manusia disegala zaman
c.    Al-Qur’an bukanlah kitab ilmu pengetahuan, hukum-hukum dan sejarah, tapi al-Qur’an adalah sarana manusia untuk mengetahui Allah.
d.      Dalam memahami al-Qur’an harus dilandasi akal dan peran sosial
e.   Al-Qur’an tidak dipelajari oleh orang-orang tertentu saja. Akan tetapi untuk setiap manusia. Karena bagaimana mungkin seseorang mendapat sandaran hidup untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat tanpa mengetahui, mempelajari, dan mendalami al-qur’an.
f.   Al-Qur’an tidak menyuruh taklid dan jumud. Tapi al-Qur’an ada untuk mendorong manusia mengembangkan pemikirannya dan menghindari dari kejumudan berfikir dan taklid buta
g. Al-Qur’an harus dipahami secara benar dengan disandarkan pada pemikiran ilahi dan menempatkannya sebagai sandaran hidup seluruh manusia yang berasal dari Allah.
Adapun Pemikiran al-Maududi tentang al-Qur’an dapat dikategorikan sebagai berikut:
a. Al-Qur’an diwahyukan oleh Allah kepada manusia agar dibaca, dipahami, diamalkan dan dijadikan tatanan hukum di muka bumi.
b. Al-Qur’an memberikan segala hal yang kita butuhkan, mulai dari hal-hal yang sepele sampai dengan hal-hal yang besar. jika kita tidak bisa mendapatkan banyak hal dari al-Qur’an itu merupakan kesalahan kita.
c.   Al-Qur’an berbeda dengan kitab-kitab suci sebelumnya.
d.  Ketaatan kepada al-Qur’an merupakan bukti Islamnya seseorang, sehingga tidak ada Islam tanpa ketaatan kepada al-Qur’an. 

Yogyakarta, 18 Oktober 2012

(Bagi para pengunjung yang ingin menjadikan tulisan ini sebagai rujukan silakan menyertakan nama penulis n thank for your visit)

0 comments

Post a Comment