Kelebihan dan Kekurangan Pemikiran M. Quraish
Shihab dan M. Dawam Raharjo
Oleh: Fikri Noor Al Mubarok
Pemikiran M. Quraish Shihab memiliki beberapa kekurangan. Pertama,
Quraish Shihab berpendapat bahwa Al-Quran tidak menentukan secara tegas
dan rinci tentang batas-batas aurat, sehingga hal itu dianggap sebagai
masalah khilafiyah. Kedua, Quraish Shihab berpendapat bahwa
jilbab merupakan adat istiadat dan produk budaya Arab. Dan menurutnya, dengan
mengutip perkataan Muhammad Thahir bin Asyur, bahwa adat kebiasaan suatu
kaum tidak boleh –dalam kedudukannya sebagai adat– untuk dipaksakan terhadap
kaum lain atas nama agama, bahkan tidak dapat dipaksakan pula terhadap kaum
itu. Sangat gamblang sekali, bahwa penafsiran Quraish Shihab tentang
ayat hijab sangat dipengaruhi corak pemikiran liberal, yang diusung oleh Ibnu
Asyur dan Asymawi. Sehingga, Quraish Shihab terjebak ke dalam belenggu
relativisme tafsir yang merupakan buah dari ilmu hermeneutika yang disuntikkan
ke dalam ilmu tafsir. Dan menurut hermeneutika ini, tidak ada tafsir yang qath’i, tidak
ada yang pasti kebenarannya, semuanya relatif, semuanya zhanni. Dengan
model tafsir hermeneutik ala kontekstual historis ini, hukum Islam bisa diubah
sesuai dengan kemauan siapa saja yang mau mengubahnya, karena tidak ada standar
dan metodologi yang baku. Cara seperti ini tidak bisa diterapkan dalam
penafsiran Al-Quran, sebab Al-Quran adalah wahyu yang lafaz dan maknanya dari
Allah, bukan ditulis oleh manusia. Karena itu, ketika ayat-ayat Al-Quran
berbicara tentang perkawinan, khamr, aurat wanita dan sebagainya, Al-Quran
tidak berbicara untuk orang Arab saja. Maka, dalam penafsiran Al-Quran memang
tidak mungkin lepas dari makna teks, karena Al-Quran memiliki teks yang final
dan tetap.
Pemikiran M. Quraish Shihab juga memiliki beberapa
kelebihan. Pertama, Beliau masih menggunakan metode klasik, artinya
beliau lebih sering menggunakan penafsiran tradisional secara bahasa (tafsir
bi al-ma’tsur) dan tidak menggunakan penafsiran dengan rasional (tafsir
bi ar-ra’yi) selagi penafsiran secara tradisional masih memberikan solusi.
Hal ini menjadi bukti bahwa beliau masih menekankan metode klasik dalam
menafsirkan al-Quran. Kedua, Beliau masih mengambil penadapat ulama dari
kitab2 tafsir terdahulu. Namun pendapat tersebut tidak serta meta beliau nukil,
tapi beliau mengambil pendapat yang sesuai dengan logikanya. Ketiga, meskipun
tafsir al-Mishbah dikategorikan sebagai tadsir yang tahlili namun
beberapa masaslah tafsir ini tidak murni menerapkan metode tahlili,
seperti menggunkian ayat-ayat lain yang setema untuk menjelaskan makna yang
dimaksud dari ayat yang ditafsirkan. Beliau juga menggunakan tafsir maudlu’i
dalam menafsirkan suatu ayat . nampaknya beliau ingin menghilangkan konsekuensi
yang diakibatkan oelh metode tahlili seperti parsial dan atomistik yang
mengaikbatkan lahirnya tafsir yang literal sebagaimana tafsir-tafsir di era
afirmatif. Keempat, Beliau dalam menafsirkan mengakaitkan dengan
realitas sosial-ekonomi-politik-buadaya yang ada di indonesia sehingga hasil
tafsir beliau lebih membumi di indonesia.
Pemikiran M. Dawam
Raharjo memiliki beberapa kelebihan. M. Dawam Raharjo, Dawam Raharjo
menafsirkan menggunakan metode tafsir maudlu’i sehingga hasil karyanya
lebih sistematis. Kedua, Beliau menafsirkan al-Quran dengan dikaitkan
dengan ilmu-ilmu sosial sehingga hasil tafsir beliau lebih membumi terutama di
Indonesia.
Pemikiran M. Dawam
Raharjo juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, beliau sendiri belum memenuhi kriteria seorang mufassir
sehingga hasil pemikiran beliau ttg al-Quran, tafsir dan takwil
belum memenuhi klriteria. Kedua, Beliau berargumen bahwa setiap orang
dapat menafsirkan al-Quran tanpa harus mendalami bahasa Arab sekalipun. Ketiga,
beliau berargumen sama dengan Arkoun yang mengatakan bahwa kalam Tuhan
yang asli adalah yang tersimpan dalam lauhul mahfudz dan mengatakan
bahwa al-Quran yang di pegang oleh kaum muslimin sekarang ini sejak awal telah
mengalami kesalahan.
Yogyakarta, 7 januari 2013
(Bagi para pengunjung yang ingin menjadikan tulisan ini sebagai rujukan silakan sertakan nama penulis pada tulisan anda).
1 comments
Best 777 Casino Restaurants in Las Vegas
Find the best 777 Casino restaurants 영천 출장마사지 in Las Vegas, NV. 보령 출장샵 777 Casino Hotel is the 남원 출장안마 closest you will find. 서귀포 출장샵 777 Casino Hotel Hotel Blvd S Las Vegas, 아산 출장안마 NV 89109
Post a Comment